Thursday, October 13, 2016

10 Cara Mencegah Gigi Rusak


Kerusakan gigi semisal gigi berlubang pada awalnya merupakan erosi gigi. Yakni rusaknya lapisan terluar gigi yang disebut enamel. Kerusakan enamel ini kemudian akan mempengaruhi kerusakan pada bagian dentin hingga kemudian akan merusak pula bagian terdalam gigi.

Jadi, kerusakan pada enamel akan mengantarkan pada kerusakan bagian bagian dentin dan pulpa yang pada akhirnya membuat lubang atau gigi membusuk.
Ada banyak faktor yang memicu kerusakan pada gigi. Namun sebagian besar dipengaruhi oleh kesalahan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Berikut ini 10 Cara Mencegah Gigi Rusak Lebih Parah yang patut anda coba.

1. Lupa sikat gigi menjelang tidur
Satu kesalahan yang paling umum dilakukan yakni lupa menyikat gigi menjelang tidur atau malah masih mengonsumsi makanan setelah menyikat gigi menjelang tidur. Ini sangat penting untuk memastikan tidak adanya sisa-sisa makanan yang terjebak diantara gigi.

2. Flossing
Flossing yakni membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang. Terkadang, menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri yang terjebak disela-sela gigi yang bisa memicu reaksi asam. Flossing ini bisa membantu membersihkan sisa makanan yang terjebak kemudian bisa dengan mudah dibersihkan dengan menyikat gigi.

3. Hindari minuman bersoda
Salah satu penyebab terbesar kerusakan pada lapisan luar gigi yakni akibat minuman bersoda. Efeknya akan semakin parah jika seseorang terbiasa mengulum minuman ini seperti tengah berkumur-kumur. Seberapa berbahayanya minuman bersoda terhadap gigi, hanya dapat diketahui dari hasil pengukuran kadar keseimbangan pH-nya. Jika minuman itu memiliki kadar pH lebih rendah maka dikategorikan memiliki zat asam. Maka, hindari dahulu minuman bersoda dan biarkan gigi kamu tumbuh membangun kekuatannya secara alami.

4. Menggunakan sedotan
Jika ingin meminum minuman bersoda ada baiknya gunakan pipet atau sedotan. Hal ini bisa mengurangi interaksi antara minuman soda dengan gigi.

5. Berkumur-kumur
Bagi mereka yang sudah memiliki gejala kerusakan lapisan luar gigi, maka ada baiknya untuk sering berkumur-kumur setelah menyantap makanan. Intinya, bagaimana caranya agar mulut tetap bersih dari asam dan plak. Kenapa tidak menggosok gigi saja? Orang yang sudah memiliki gejala erosi gigi, disarankan untuk tidak menggosok gigi terlalu sering. Maka pilihan tepatnya adalah dengan cara berkumur-kumur.

6. Menghindari mulut kering
Air liur sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Ini juga penting dalam mencegah erosi gigi. Air liur ini bertanggung jawab untuk menjaga jaringan lunak pada mulur dan bisa membantu menurunkan tingkat asam yang ada di sektiar gigi. Tentu hal ini akan menurunkan resiko terjadinya erosi gigi. Cegahlah kondisi mulut yang terlalu kering dengan cara minum air putih secara berkala. Atau anda juga bisa mengunyah permen karet bebas gula atau daun pappermint. Hal ini juga berguna untuk mencegah timbulnya halitosis atau bau mulut akibat kondisi mulut yang kering.

7. Meningkatkan asupan kalsium
Untuk menegah erosi gigi, anda harus meningkatkan asupan kalsium. Beberapa sumber kalsium yang baik antara lain susu, keju dan yoghurt. Selain itu, supaya bisa terserap dengan baik, maka anda membutuhkan Vitamin D. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh lewat makanan tertentu seperti sereal, susu dan makanan laut tertentu yang kaya vitamin D.

8. Menggunakan antibakteria
Plak juga bisa memicu erosi gigi karena plak mengandung bakteri dan sisa-sisa makanan. Mikro-organisme memakan sisa-sisa makanan dan meningkatkan kandungan zat asam yang dapat menyebabkan erosi gigi. Ingat bahwa asam adalah salah satu penyebab paling umum untuk erosi gigi, oleh karena itu penting untuk menggunakan antibakteria. Seperti minyak peppermint, minyak pohon teh, minyak oregano pada gigi juga dapat berguna dalam menurunkan mikro-organisme dalam mulut dan juga pembentukan plak.

9. Hati-hati saat bersihkan kerak gigi
membersihkan kerak gigi kerap kali disebut dengan istilah scalling atau merupakan prosedur pembersihan gigi yang dilakukan oleh ahli. Dokter gigi, menggunakan cara ini untuk membuang kotoran dari gigi dan membersihkannya. Prosedur ini memang ampuh untuk membersihkan plak gigi namun harus atas dasar rekomendasi dokter gigi karena jika terlalu sering justru akan membahayakan dan memicu erosi gigi.

10. Mengunyah permen karet bebas gula
Permen karet bebas gula dapat membantu menurunkan kadar asam di mulut. Permen karet ini mengandung xylitol yang mampu menyeimbangkan kadar pH dan menjaga asam yang menyebabkan erosi gigi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.